Mengapa Kita Perlu Menikah?



CariTahuIslam - Di antara ciptaan Allah adalah bumi yang kita tempati untuk hidup, yang didalamnya terdapat bermacam - macam makhluk. Ada yang hidup didaratan dan ada pula yang hidup dilautan. Manusia juga termasuk ciptaan (makhluk) tersebut. Allah SWT telah menciptakan menganugerahkan jalan hidup dan kesinambungan bagi makhluk-Nya. Allah berfirman :

"Maha suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan - pasangan semuanya, baik dari apa yang di tumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka mampu dari apa yang tidak mereka ketahui." (QS Yasin ayat 36)

untuk kelangsungan dan langgerngya kehidupan Allah menciptakan laki - laki dan perempuan dan menjadikan hubungan antara keduanya dengan suatu cara tertentu untuk merealisasikan tujuan tersebut. Allah menjadikan hubungan anatara laki - laki dan perempuan sebagai hubungan yang agung, yang dibangun atas dasar kerelaan antara keduanya. Islam telah menganjurkan, menyerukan dan memudahkan pernikahan dan teah menetapkan hukum untuk mengaturnya. Allah telah menganjurkan kita untuk menikah. dalam bebrpa ayat Al - Qur'an diantaranya adalah :

"Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri - istri dan keturunan". (QS. Ar-Ra'd ayat 38)

"Allah menjadikan bagi kamu isteri - isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri - istri kamu itu anak - anak dan cucu - cucu dan memberimu rezki dari yang baik - baik." (QS. An - Nahl ayat 72)

Rasulullah Muhammad bin Abdullah saw juga menganjurkan kita menikah. hadits - hadits diantaranya adalah :

"Ada empat hal yang termasuk sunnah para Rasul. yaitu memakai inai, memakai harum - haruman, bersiwak dan menikah."

"Wahai sekalian anak muda, barangsiapa diantara kalian mampu untuk menikah maka menikahlah, sesungguhnya nikah itu lebih bisa menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan (Farji). Dan barangsiapa yang belum mampu hendaknya ia berpuasa, sesungguhnya puasa itu menjadi perisai baginya.




sumber : DR. Thariq Kamal An - Nu'aimi "Psikologi Suami - Istri" penerbit Mitra Pustaka