Inilah Bedanya JIn dan Iblis dan Setan


CariTahuIslam - Sering sekali kita takut jika mendengar kata jin, setan atau iblis. Itu dikarenakan kita sering melihat film horror ataupun semua video yang berkaitan dengan penampakan jin, setan atau iblis. Rupanya yang menyeramkan adalah ciri dari ketika makhluk tersebut. Banyak dikalangan kita sering menyebut dan menganggap mereka sama. 

Sebagai orang yang beragama Islam, kita harus mengetahui apa perbedaan dari ketika jenis makhluk tersebut. Yuk kita coba cari tahu !

1. JIN

Jin adalah salah satu jenis makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki sifat dan fisik yang berbeda dengan jenis manusia atau malaikat.

Jin diciptakan dari bahan dasar Api. Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya :

"Dia menciptakan manusoa dari tanah kering seperti tembikar. Dan Dia menciptakan Jin dari nyala api". (QS. Ar-Rahman : 14 - 15)

Yang perlu diketahui bahwa Jin memiliki kesamaan dengan manusia dalam dua hal :

  1. Jin memiliki akal dan nafsu seperti yang dimilik manusia.
  2. Jin mendapatkan beban perintah dan larangan syaruat, sebagaimana manusia juga mendapatkan beban perintah dan larangan syariat
Oleh karena itu, ada jin yang muslim dan ada jin yang kafir. Ada jin yang baik dan ada jin yang jahat. Ada jin yang pintar dan paham soal agama dan ada jin pula yang bodoh tentang agama. Ya bisa dibilang sama dengan manusia. Selain kesamaan ada juga nih perbedaan antara Jin dan manusia.

Perbedaan Jin dan manusia yang paling mendasar adalah dari asal penciptaan dan kemampuan bisa terlihat atau tidak terlihat. Makhluk ini dinamakan jin karena memiliki sifat ijtinan yang artinya tersembunyi dan tidak kelihatan. Manusia tidak bisa melihat jin dan jin bisa melihat manusa. Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya yang artinya :

"Sesungguhnya ia (iblis) dan pengikut - pengikutnya melihat kamu di suatu keadaan yang kamu tidak bisa melihat mereka". (QS. Al - A'raf : 27)

2. SETAN

Banyak orang yang salah kaprah tentang yang satu ini. Perlu dipahami bahwa Setan adalah Sifat. Berbeda dengan Jin, jika Jin adalah makhluk sementara Jin itu adalah Sifatnya. Karena Setan itu sifat, maka dia melekat pada makhluk dan bukan berdiri sendiri.

Setan adalah sifat untuk menyebut setiap makhluk yang jahat, membangkang, tidak taat, suka membelot, suka maksiat, suka melawan aturan, dan lain sebagainya. Intinya Setan adalah sifat yang menggambarkan sifat yang jahat.

Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar mengatakan :

"Setan dalam bahasa Arab digunakan untuk menyebut setiap makhluk yang menentang dan membangkang." (Alamul Jinni was Syayathin, Hal.16)

Nah jadi untuk kalian yang sedang kesal kepada seseorang dan sering berkata "Setan kamu ya !" itu harus diganti "Jin kamu ya !", agar kalimatnya jadi singkron dan benar hehe. *becanda

3. IBLIS

Nah iblis ini adalah makhluk ciptaan Allah SWT juga yang masih tergolong kedalam golongan Jin. Iblis ini bisa disebut juga sebagai Nenek Moyang para Jin. Iblis ini jugalah yang pertama kali menjadi makhluk yang membangkang dari perintah Allah SWT untuk bersujud didepan Nabi Adam.
Bukti bahwa iblis merupakan golongan dari Jin terdapat pada Qur'an Surah Al-Kahfi ayat 46 yang artinya :

"Ingatlah ketika Kami berkata kepada para Malaikat. 'Sujudlah kalian kepada Adam!' maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan Jin dan membangkang dari perintah Allah." 

Nah sekarang sudah paham kan beda antara ketiganya. Semoga bermanfaat untuk pembaca maupun penulis sendiri. Jika salah itu datangnya dari saya dan jika benar itu datangnya dari Allah SWT.