Sedekah Bisa Membuat Kita Kaya !


CariTahuIslam - Sedekah sudah menjadi hal yang sebenarnya wajib bagi seluruh umat Islam, namun sulit sekali bagi kita untuk memulai menyisihkan uang demi kepentingan orang lain. Banyak faktor yang membuat kita sulit untuk bersedekah, seperti kurang kuatnya iman dan gangguan yang kuat dari setan. Ketika kita ingin mulai bersedekah maka setan langsung berbondong-bondong untuk menggoda dan membisikan sesuatu agar kita batal dan tidak jadi bersedekah. Pemikiran umum yang timbul akibat kuatnya bisikan setan ketika ingin bersedekah adalah "nanti kalau aku sedekahkan uang ini maka otomatis uangku akan berkurang", " daripada bersedekah lebih baik digunakan untuk membeli kebutukanku yang masih kurang" dan banyak lagi lainya.

Kata sedekah memang sangat sedikit terdapat di Al-Qur'an namun Allah SWT menekankan kita untuk bersedekah dengan kata Zakat. Salah satu firman Allah yang memerintahkan kita untuk bersedekah yaitu surah Al-Baqarah ayat 43 yang artinya :

"Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk"


Lalu mengapa kita bisa berfikir bahwa jika kita bersedekah maka uang kita akan berkurang? tentu saja karena setan tidak ingin kita mendapat berkah dari Allah SWT dan setan tidak ingin kita kaya. Padahal jika kita kembalikan ke Al-Quran, Allah SWT telah berfirman :


" Perumpamaan orang yang mengingfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang DIA kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui " (Q.S. Al-Baqarah : 261)

Firman Allah sama dengan Janji Allah SWT yang Maha Benar dengan segala Firman-Nya. Apabila yang berjanji adalah manusia mungkin suatu saat bisa diingkari, namun jika yang berjanji adalah Allah SWT pasti ditepati asalkan kita yakin seyakin yakinya.


Kemudian apa hubunganya sedekah dengan menjadi kaya?
Secara logika matematika memang ketika kita bersedekah maka uang kita akan berkurang, dan secara nalar maka kita akan mengalami kerugian. Misalnya kita mempunyai uang Rp.50.000 lalu kita sedekahkan Rp.20.000 otomatis sisa uang kita tinggal Rp.30.000 saja. Nah jika uang Rp.20.000 tadi tidak kita sedekahkan, maka kita bisa membeli sesuatu untuk kebutuhakn kita. Inilah yang dinamakan kerugian sesaat. Namun apabila kita Ikhlas dalam bersedekah walau nilainya hanya Rp.20.000 tadi maka Allah berjanji akan menggantinya lebih lebih lebih banyak dari yang kita sedekahkan itu.

Jika dipermudah dalam artian, Sedekah itu membuka pintu Rezeki yang selama ini tertutup karena kita tidak pernah bersedekah. Perlu diingat bahwa Allah tidak akan memberikan ganti berkali-kali lipat itu secara langsung, namun Allah SWT akan memberikanya lewat jalan yang Dia kehendaki.
Sebagai contoh :
Misalkan anda seorang karyawan yang mempunyai gaji tetap bulanan sebesar 3 juta rupiah. Jika anda tidak bersedekah setiap bulanya maka Allah hanya akan memberikan rezeki anda melalui perusahaan tersebut saja. Namun jika setiap bulanya anda menyisihkan uang untuk bersedekah maka Allah akan memberikan rezeki Anda melalui banyak jalan dan bukan hanya dari perusahaan tersebut saja, Entah ketika dirumah anda dimintai tolong tetangga dan diberi upah atau yang lain.

Pada Intinya, bersedekah tidak sama sekali merugikan kita. Bahkan malah membuat kita semakin kaya, entah itu kaya materil ataukah kaya pahala. Namun untuk mendapat semua itu perlu memerlukan syarat yang wajib dilakukan dan dijaga agar sedekah kita tidak sia-sia. Hal itu adalah Ikhlas lahir dan batin karena Allah sangat melarang keras dalam firman-Nya yang artinya :

" Wahai orang-orang yang beriman ! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir. Perumpamaanya (orang itu) seperti batu yang licin yang diatasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggalah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir " (Q.S. Al-Baqarah : 264 )

 Dari ayat tersebut Allah menekankan kita agar kita tidak merusak sedekah kita. Sedekah yang nantinya akan percuma jika kita melakukan hal-hal yang telah dilarang Allah SWT.


Bagaimana? Sudah siapkah kita bersedekah hari ini? Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Amin ya Robbal Alamin :)